Minggu, 18 September 2011

Cara Menghitung Luas Lingkaran


Kita semua pasti tidak asing dengan yang namanya lingkaran. Jam dinding rumah kita berbentuk lingkaran. Alas sebuah drum berberntuk lingkaran dan masih banyak lagi hal-hal disekitar kita yang berbentuk lingkaran.
Untuk menentukan rumus luas sebuah persegi panjang kita dapat menggunakan bantuan sebuah persegi satuan tetapi bagaimana jika menghitung luas lingkaran??????
Nahhh.... materi hari ini adalah tentang menentukan rumus luas lingkaran. Perhatikan dengan seksama langkah- langkahnya. Tetapi sebelum mulai ada baiknya kalian siapkan bahan - bahan berikut !
  1. 5 buah lingkaran yang berdiameter sama ( lebih mudah jika diameternya 7 atau kelipatan 7)
  2. Gunting
  3. Spidol 2 warna
  4. Buku
  5. Penggaris
  6. Lem
Sekarang ikuti langkahnya :

gb. 1
(gb. 2)
gb. 3
  1. Ambillah sebuah lingkaran dan buatlah garis tengahnya lalu warnai dengan dua warna
  2. Bagilah lingkaran menjadi 4 juring dan bagilah salah satu juring menjadi 2 lalu Gunting lingkaran pada garisnya lalu susun seperti gambar dan tempelkan dibuku tulismu. (gb. 1)
  3. Ambil lingkaran lagi dan perlakukan seperti langkah 1
  4. Bagilah lingkaran menjadi 8 juring dan salah satu juring dibagi jadi dua lalu gunting sesuai gari dan tempelkan di bukumu (gb. 2)
  5. Ambil lingkaran lagi lakukan seperti langkah 1
  6. Bagilah lingkaran menjadi 16 juring dan salah satu juring dibagi 2 lalu gunting sesuai garis, susun dan tempellah di buku tulismu (gb. 3)
  7. Coba bandingkan hasil susunan pertama, kedua dan ketiga.
  8. Semakin banyak juring yang dibuat ternyata susunannya semakain menyerupai sebuah persegi panjang. Coba lakukan untuk juring 32 dan 64
  9. Sekarang perhatikan gambar berikut! Lingakaran sudah menyerupai persegi panjang sehingga kita bisa menghitung luasnya
  10. Luas persegi panjang = panjang x lebar (karena panjang pensegi panjang diatas adalah sama dengan keliling setengah lingkaran = 22/7 x r dan lebarnya = r) maka:
  11. Luas = p x l = 22/7 x r x r. ( Ingat 22/ 7 di baca phi. Phi berada pada kisaran angka 22/7 atau 3, 14)
Nach ternyata semudah itu kan menentukan rumus luas lingkaran. Sekarang selamat belatih di rumah.

Matematika itu mudah....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar