Kamis, 28 April 2011

Simetri pada sebuah bangun

Siapapun dari kita pasti pernah melihat sebuah pesawat atau bahkan menaikinya. Sungguh luar biasa Bapak BJ. Habibie yang mampu membuat pesawat sedemikian hingga pesawat dapat terbang tanpa jatuh.
Sekarang coba bayangkan jika seandainya pesawat tersebut dibuat dengan sayap yang panjang sebelah. Apa yang akan terjadi????
Benar pesawat tersebut akan miring dan akhirnya jatuh karena tidak adanya keseimbangan.

Nah pada hari ini kita akan belajar tentang simetri pada sebuah bangun.
Simetri pada sebuah bangun ada 2 macam :
1. Simetri lipat
2. Simetri putar



A. Simetr Lipat
Loh bu simetri lipat itukan dilipat. Apakah pesawat bisa dilipat??? Mungkin itu pertanyaan yang akan diajukan oleh beberapa anak kita. Sebelum dijawab perhatikan gambar berikut :
Kupu - kupu merupakan salah satu benda yang meniliki simetri lipat dan dikatakan bahwa kupu-kupu memiliki bentuk tubuh yang simetris.
Nah kira - kira benda apalagi disekitar kita yang berbentuk simetris??? Banyak sekali kan???
Sebuah benda dikatakan memiliki simetri lipat jika benda tersebut dilipat maka hasil lipatan dapat saling menutupi bagian lainnya
Contoh :
  1. Ambillah sebuah kertas lipat berbentuk persegi
  2. Cobalah lipat persegi tersebut secara vertikal . Apakah lipatannya dapat saling menutupi? 

 3. Sekarang lakukan untuk lipatan horizontal
4.Nah coba yang horizontal

Ternyata untuk sebuah persegi memiliki 4 buah simetri lipat.
Garis bekas lipatan terebut ( digambarkan dengan garis putus - putus ) di sebut sebagai sumbu simetri.

Bagaimana dengan persegi panjang ? Berapa banyak simetri lipat yang dimiliki? Benar sebuah persegi panjang hanya memiliki 2 buah simetri lipat yaitu horizontal dan vertikal.
Sekarang kalian mengerti kan tentang simetri lipat?

Setiap benda memiliki jumlah simetri lipat yang berbeda beda. Ada yang tidak memiliki, memiliki 1, 2, 3, 4 bahkan ada yang sangat banyak sehingga tidak bisa dihitung seperti lingkaran dan roda. Berikut contoh benda dengan jumlah simetri lipat yang dimiliki
  • Tidak memiliki simetri lipat : trapesium siku-siku, segitiga sebarang
  • Satu simetri lipat : kupu- kupu, pesawat, segitiga sama kaki
  • Dua simetri lipat : persegi panjang
  • Tiga simetri lipat : Segitiga sama kaki
  • dsb.
Selain materi diatas kalian dapat mendownload materi dalam bentuk powerpoint tentang simetri lipat berikut ini (klick here).


B. Simetri Putar
Dari judulnya kita pasti bilang kalo simetri putar ya berarti diputar.
Sebuah benda dapat berputar sebesar beberapa derajat dengan pusat putaran tertentu. Pelajari selengkapnya dengan download materi powerpoint simetri putar (klick here)
Ingat :
Jika diputar searah jarum jam = diputar ke kanan
Berlawanan arah jarum jam = diputar kekiri.

Menghitung banyaknya simetri putar sebuah bangun .
Sebuah bangun/ benda dikatakan memiliki simetri putar adalah jika benda tersebut diputar dengan sudut tertentu bangun/ benda tersebut akan dapat menempati bingkai/ berbentuk sama persis dengan bangun / benda tersebut ketika sebelum diputar

  • Sebuah persegi dapat kembali seperti awal jika di putar sebesar 90 derajat, 180 derajat, 270 derajat dan 360 derajat. Dengan demikian sebuah persegi dikatakan memiliki simetri putar tingkat 4
  • Sebuah persegi panjang dapat kembali seperti bentuknya sebelum diputar jika diputar sebesar 180 derajat dan 360 derajat. Maka persegi panjang memiliki simetri putar tingkat 2
  • dst
Catatan :
Sebuah bangun yang dia hanya akan menempati tempatnya/ berbentuk seperti sebelum diputar jika diputar 360 derajat maka dikatakan bangun tersebut tidak memiliki simetri putar

1 komentar:

  1. Assalamu'alaikum wr. wb.
    Maaf sebelumnya kalau saya lancang..
    Saya ingin mengoreksi perihal tentang catatan "Sebuah bangun yang dia hanya akan menempati tempatnya/ berbentuk seperti sebelum diputar jika diputar 360 derajat maka dikatakan bangun tersebut tidak memiliki simetri putar"
    Apakah anda bisa menunjukkan sumber yang mengatakan hal tersebut?
    Karena menurut buku "Materi Pokok Pendidikan Matematika 1 Buku II Modul 6-9" karya Siskandar, M. A dan Drs. Mohamad Rahmat terbitan Departemen pendidikan dan Kebudayaan tahun 1990, tertulis bahwa "Simetri putar adalah suatu keadaan bangun datar geometri bagaimana ia dapat menempati bingkainya dengan cara memutar (pemutaran mulai dari nol putaran sampai kurang dari satu putaran). Setiap bangun geometri mempunyai paling sedikit satu simetri putar, karena setiap bangun geometri dapat menempati bingkainya yaitu dengan tidak diputar atau diputar dengan nol putaran." (ada dihalaman 324).
    Demikian dari saya.
    Kurang lebihnya saya mohon maaf.
    Terima kasih.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    BalasHapus