Kamis, 01 Maret 2012

Latihan Soal UN 2012

Ujian Nasional untuk tingkat SD akan dilaksanakan pada tanggal 7-9 Mei 2012. Banyak upaya yang dilakukan agar anak-anak siap menghadapi UN dengan kondisi yang baik dan hasil yang memuaskan. Salah satunya adalah dengan memberikan soal latihan Ujian Nasional untuk siswa kelas 6.
Berikut ini adalah cuplikan materi yang saya berikan untuk siswa SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya tempat saya mengabdikan diri.


Kompetensi 1 :
Memahami konsep dan operasi hitung bilangan serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator 1 :
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan cacah.

Soal 1
Hasil dari 756 x 12 : 7 + 4 adalah ...
a. 1.300
b. 1.200
c. 1.284
d. 1.294

Pembahasan
Pahami aturan operasi hitung bilangan campuran yaitu :
  1. Operasi hitung dalam tanda kurung
  2. Perkalian dan pembagian sama kuatnya. Kerjakan dari kiri dahulu
  3. Pejumlahan dan pengurangan  
Jadi operasi diatas dikerjakan sbb:
756 x 12 : 7 + 4  = (756 x12) : 7 + 4
                           = 9.072 : 7 + 4
                           = 1.296 + 4
                           = 1.300

Indikator 2 : 
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran bilangan cacah.


Soal 2
Paman mempunyai 8 pak pensil, setiap pak berisi 12 pensil. Bila seluruh pensil dibagikan kepada 16 anak sama banyak, setiap anak akan memperoleh ... pensil.
a. 36
b. 20
c. 24
d. 6

Pembahasan
Pahami soal diatas sekali lagi dan tentukan operasi yang diinginkan. Pada soal diatas jika dituliskan dalam kalimat matematika menjadi :
8 x 12 : 16 = 6 buah pensil

Indikator 3 :
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan bulat

Soal 3
Hasil dari 16 x (-75) : 3 adalah ...
a. -1.200
b. 400
c. -400
d. 1.200

Pembahasan
Ingat aturan operasi hitung campuran pada soal no. 1
Ingat aturan operasi bilangan bulat :
(+) dikali/dibagi (+) = (+)
(+) dikali/dibagi (-) = (-)
(-) dikali / dibagi (+) = (+)
(-) dikali / dibagi (-) = (+)

16 x (-75) : 3 = 16 x (-25)
                     = -400 

Sebagai bahan latihan berikut saya sertakan soal untuk indikator 1 s/d 3 disini.

3 komentar:

  1. salam kenal bu..dari SMAN5 Balikpapan TIK

    BalasHapus
  2. terimakasih bu., posting'an ini bisa sbg media pembelajaran

    BalasHapus