Senin, 07 November 2011

Siap Ujian Nasional SD 2012

Ujian Nasional memang membawa sebuah aura tersendiri bagi setiap guru, siswa dan orang tua. Bayangan akan sebuah ujian yang divonis seolah-olah merupakan penentuan hidup dan mati seorang siswa membuat munculnya berbagai macam cara dan usaha dari semua pihak demi sebuah kata "LULUS".

Berbagai macam cara dan usaha yang dilakukan mulai dari penambahan jam belajar, pelaksanaan try-out dan simulasi ujian, peningkatan kemampuan spiritual seperti tahajud call, istighosah, khotmil qur'an atau cara - cara lain semuanya adalah wujud usaha, ikhtiar dan do'a kita demi sebuah kesuksesan dalam Ujian Nasional dan cara tersebut sah untuk kita lakukan (Asal jangan cara curang seperti menyotek, pergi ke orang pintar supaya pensilnya diberi do'a-do'a dsb).

Pada kesempatan ini, saya ingin sekali berbagi sedikit ilmu dan kemampuan saya demi kesuksesan dalam Ujian Nasional (khususnya untuk jenjang SD). Berikut langkah -langkah yang telah saya lakukan :
  1. Ketahui SKL Ujian. SKL ini dikeluarkan berdasarkan permendiknas. Biasanya SKL dapat kita peroleh berkisar antara bulan Desember - Januari. Namun SKL ini biasanya tidak jauh berbeda dengan SKL tahun sebelumnya. Untuk SKL tahun 2010-2011 bisa di download disini.
  2. Lakukan analisi. Perhatikan setiap indikator dari soal sehingga bisa diketahui dan dipetakan materi - materi essensial dan non essensial.
  3. Bikin ringkasan untuk setiap materi essensial dan tidak usah menyia-nyiakan waktu dengan materi non essensial
  4. Kerjakan dan periksa pembahasan soal UN tahun kemarin.Untuk soal UN tahun 2010 -2011dan pembahasan bisa didownload disini. Analisa materi apa yang sudah dikuasai dan yang belum dikuasai.
  5. Pelajari lebih mendalam untuk materi yang belum dikuasai.
  6. Lakukan Try Out.
  7. Dan langkah yang terakhir adalah mendekatkan diri kita kepada yang Kholiq. Perbanyak sholat malam dan puasa.
Nach, itu tadi langkah yang bisa kita lakukan. sebagai bahan belajar insya Alloh mulai sekarang di blog ini akan saya tuliskan berbagai soal try out sebagai bahan persiapan kita menghadapi ujian nasional.

Sekali lagi saya ucapkan selamat belajar dan berdo'a. Semoga Alloh senantiasa memberikan dan mengarahkan jalan kita pada sebuah kesuksesan sejati. Amiiin

2 komentar:

  1. Ibu Zahrotul, makasih atas masukannya, dan free downloadnya, sangat bermanfaat buat saya.

    sekali lagi makasih banyak.

    BalasHapus
  2. Sama - sama semoga bisa membantu anak didik kita

    BalasHapus